Rabu, 27 Februari 2013

Lima Imunisasi Lengkap (L I L)


Alhamdulillah.. Faiz sudah berusia 2,5 tahun dan imunisasi wajibnya sudah lengkap (Lima Imunisasi Lengkap). LIL sebenarnya program dari Kementerian Kesehatan. Agar Imunisasi dasar atau wajib mudah diingat. Walaupun jujur saya sering lupanya, Alhamdulillah ada buku Anak Hermina Podomoro, jadi status imunissai anak bisa dipantau dari buku tersebut.

Berikut Jadwal pemberian Lima Imunisasi yang diwajibkan pemerintah:

  1. BCG : diberikan pada saat bayi baru lahir
  2. Hepatitis B : diberikan sebanyak tiga kali. Yang pertama diberikan beberapa hari setelah lahir, yang kedua saat bayi berusia 2 bulan, dan yang ketiga pada rentang usia bayi 3-6 bulan
  3. Polio : diberikan sebanyak 6 kali. Yang pertama diberikan beberapa hari setelah bayi lahir, yang kedua diberikan saat bayi berusia 2 bulan, yang ketiga diberikan saat bayi berusia 4 bulan, yang keempat diberikan pada bayi berusia 6 bulan, yang kelima saat bayi berusia 18 bulan, dan yang keenam diberikan saat anak berusia 5 tahun.
  4. DPT : diberikan sebanyak 6 kali. Yang pertama diberikan saat bayi berusia 2 bulan, yang kedua saat bayi berusia 4 bulan, yang ketiga saat bayi berusia 6 bulan, yang keempat saat bayi berusia 18 bulan, yang kelima saat anak sudah berusia 5 tahun. Yang keenam diberikan saat anak berusia 12 tahun.
  5. Campak : diberikan sebanyak 2 kali. Yang pertama diberikan saat bayi berusia 9 bulan, yang kedua saat anak berusia 6 tahun.

 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar