Senin, 19 Mei 2014

Cake kukus kacang hijau keju


Di kulkas teronggok kacang hijau kupas rebus sisa bikin roti. Rotinya gagal, jadi kacang hijaunya diselamatkan masuk kulkas.
Akhirnya karena ada kacang hijau itu, dibuatlah cake kukus kacang hijau. Resep asli punya mbak endang jtt , dengan yang ini udah saya modifikasi dikit...
Kalo mau liat step by step nya, bisa mampir ke blog nya mbak endang, justtryandtaste. Lengkap banget penjelasannya.

Cake Kukus Kacang Hijau & Keju
Cheddar
Resep mbak endang jtt, dengan modifikasi
Untuk 1 loyang cake menggunakan loyang
tulban diameter 23 cm
Bahan:
- 100 gram mentega (saya 80 gr margarin plus 40 ml minyak goreng)
- 200 gram gula pasir (saya pake 150 gr karena kacang hijau rebusnya udah manis)
- 3 butir telur, suhu ruang (saya 2 butir)
- 1 sendok teh vanila ekstrak atau 1/2 sendok
teh vanili bubuk ( saya pake almond essence golden brown yg udah ada label  nya)
- 175 gram tepung terigu
- 1 1/2 sendok teh baking powder (pastikan
menggunakan baking powder yang masih
fresh dengan kualitas yang baik, double acting
lebih direkomendasikan. Cek masa
kedaluarsanya)
- 1/4 sendok teh garam
- 150 gram kacang hijau kupas, kukus hingga
lunak dan  dengan 150 ml susu cair
hingga halus. (Saya kacang hijaunya direbus dengan kira2 100 gr gula)
- 50 gram keju cheddar parut dan sedikit keju
parut untuk taburan di dasar loyang
(Saya bagian atas cake diolesi margarin n gula)
How to:
Campur bahan kering: tepung garam, baking soda, sisihkan.
Mikser gula, margarin dan minyak sampai berwarna pucat kepytihan, masukkan telur satu persatu hingga mengembang. Masukkan essence almond.
Masukan kacang hijau kukus, aduk sampai rata, lalu masukan terigu, lalu keju. Aduk rata.
Tuang ke dalam loyang yang sudah diolesi margarin dan ditabur terigu.
Kukus selana kurang lebih 40 mebit api sedang.
Oia, dandang sebaiknya dipanaskan dahulu supaya panasnya merata. Tutup dandang dgn kain bersih agar uap air tidak jatuh ke adonan kue.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar